Pura Batur Gangsian

Pura Batur Gangsian

Situs Megalitikum Bebatuan Unik berumur sekitar 400 tahun Mungkin banyak yang tidak tahu terlebih wisatawan, bahwa di Desa Tinggarsari Kecamatan Busunghiu Kabupaten Buleleng, Bali terdapat sebuah pura unik yakni Pura Batur Gangsian.

Belum diketahui secara pasti tahun pembuatannya namun menurut keterangan antropologis diperkirakan berumur sekitar 400an tahun.Keunikan ada pada bebatuan yang terdapat didalam area pura yaitu semacam situs megalithikum berupa susunan batu yang memanjang seperti balok es batu berbentuk segilima. Tersusun rapi tanpa pahatan sama sekali.

Kajian antropologi menerangkan kedalaman susunan batu mencapai 350 meter dihitung dari dasar susunan. Selain itu, bebatuan tersebut hanya ada dua di dunia ini yakni di Italia dan di Tinggarsari.

Bebatuan di Pura Batur Gangsian tersebut pertama kali ditemukan oleh leluhur Jero Mangku Putu Jendra. Warga yang pertama kali menetap di Tinggarsari berdasarkan prasasti keluarga.

Secara geografis, bebatuan itu salah satu dari lima bebatuan sejenis yang terletak di batas empat desa yakni, Batur Kendengan, Batur Samo Barong, Batur Numpeng, Batur Toya Manton dan Batur Gangsian.Oleh masyarakat sekitar, bebatuan yang ada di area persembahyangan itu diyakini memiliki kekuatan magis sebagai penjaga pura.

Keyakinan tersebut menjadi aturan tak tertulis yang dipatuhi warga untuk tidak melukai dan mengusik hewan hewan di area tersebut yang diyakini sebagai penunggu Pura Batur Gangsian. Sebagaimana dituturkan oleh Jero Mangku. ” Jika ada yang menyakiti hewan hewan disitu maka dipastikan pelaku akan data lagi ke pura memohon ampunan,” tutur Jero.

Penamaan Pura Batur Gangsian sendiri konon diusung para kera dimaba tiap batunya diusung 9 kera dan disusun di area pura.

Menurut Jero Mangku Putu Jendra, bebatuan yang diusung para kera itu mempunyai nama seperti Ratu Ngurah Sedan, Ratu Mas Maganggeng, Ratu Mas Melanyad dan Ratu Dukuh Sakti.

Pura Batur Gangsian juga dipercaya memiliki kekuatan sebagai pereda hujan dan tempat memohon kesembuhan dari suatu penyakit

 

5 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *