Bali The Last Paradise Pura Taman Ujung Karangasem | WISATA DIPULAU BALI

Taman Ujung Karangasem | WISATA DIPULAU BALI

Taman Ujung Sukasada

Taman Ujung Karangasem atau sering di sebut dengan nama Taman Sukasada, salah satu tempat wisata di Bali timur yang sangat jarang di ketahui oleh wisatawan domestik. Namun banyak di kunjungi wisatawan asing.

Bagi yang pernah melakukan foto pre wedding di Bali, tempat wisata taman Sukasada pasti pernah di dengar atau memang melakukan foto pre wedding. Pertanyaannya, apa hubungannya dengan Taman Ujung Karangasem dengan foto pre wedding di Bali?

Taman Ujung Karangasem, salah satu tempat favorit calon pengantin untuk melakukan foto pre wedding. Baik calon pengantin orang Bali atau dari daerah lain di Indonesia.

Malahan Taman Ujung Karangasem Bali, lebih terkenal sebagi tempat pre wedding di bandingkan sebagai objek wisata di Bali. Oleh karena itu, saya akan menuliskan untuk anda para pembaca, tentang Taman Sukasada Karangasem. Karena Taman Sukasada Karangasem memang sangat layak di promosikan untuk menjadi salah satu tempat wisata favorit di Bali timur.

Lokasi Taman Ujung Karangasem, berada di banjar Ujung, Desa Tumbu kabupaten Karangasem Bali. Letaknya lumayan jauh dari tempat wisata Kuta Bali. Jika anda menggunakan mobil, akan memakan waktu sekitar dua jam perjalanan, memang lumayan jauh.

Jaraknya sangat jauh, lalu apa bagusnya Taman Ujung Karangasem sehingga harus meluangkan waktu liburan ke Taman Ujung Karangasem? Pertanyaan ini, sering di ajukan kepada saya, oleh pelanggan Wira Tour Bali, saat membeli paket wisata di Bali.

Sangat susah untuk menjawab dan meyakinkan wisatawan untuk wisata ke Taman Ujung Sukasada, karena tidak pernah melihat langsung seperti apa taman ini.

Yang saya dapat berikan jawaban dari pertanyaan di atas, menanyakan kembali. Apakah ada, rasa penasaran ingin melihat taman kerajaan Bali kuno, yang masih terjaga seperti aslinya? Jika jawabannya iya, artinya anda tidak akan sia-sia wisata ke Taman Ujung Sukasada Karangasem.

Salah satu alasan yang membuat pengunjung mendatangi tempat ini adalah karena pengaruh daya tarik objek wisata tersebut. Berikut adalah beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Taman Sukasada.

1. Kolam

Jumlah kolam di tempat wisata ini ada 3. Ukurannya memang besar – besar. Terletak di satu tempat hanya saja terpisah – pisah.

Satu kolam berada di sebelah selatan sedangkan duanya terletak di bagian utara. Luas kolam bagian utara lebih besar dibandingkan kolam di bagian selatan.

Diantara kolam – kolam tersebut terdapat bangunan yang digunakan sebagai tempat peristirahatan Raja Karangasem.

2. Puing Bangunan Pilar

Bangunan pilar ini memang sudah tidak awet lagi karena terkikis waktu. Pemerintahpun tidak bisa merenovasinya karena bisa mengurangi nilai sejarah.

Puing – puing dari bangunan pilar bisa terlihat tergeletak di beberapa tempat. Tapi keberadaannya tidak mengganggu sama sekali bahkan menjadi daya tarik tersendiri. Puing – puing tersebut dipakai sebagai spot foto karena terlihat keren sekali.

3. Bangunan Tanpa Atap

Bangunan yang tersisa di wisata sejarah ini umumnya memang sudah tak beratap lagi. Tapi, ada beberapa yang memiliki tangga sehingga kamu bisa ke atasnya.

Puing atap bangunan yang rusak awalnya dibiarkan begitu saja tetapi pada tahun 2000 atas usulan puri Karangasem dilakukan beberapa renovasi. Banyak yang menjadikan bangunan tanpa atap ini sebagai latar foto prewedding.

Untuk naik ke atas, kamu bisa melalui tangga di sebelah barat. Setelah sampai maka kamu bisa melihat pemandangan yang indah.

4. Arsitektur Mewah

Arsitektur dari wisata ini sangat mewah karena bangunan ini dulunya milik Kerajaan Karangasem. Desain yang digunakan merupakan campuran antara Arsitektur Eropa dan Bali.

Desain Eropa terlihat dari kaca yang berwarna – warni mirip gereja di Eropa. Di tengah peristirahatan raja terdapat kolam dengan bunga teratai.

Tapi, bangunan ini tampak beda dari aslinya karena tergerus waktu. Walau begitu kesan mewahnya masih bisa terasa.

5. Struktur Taman

Luas tempat ini sekitar 9,5 hektar. Struktur tamannya begitu unik yaitu hampir semuanya dikelilingi oleh kolam.
Selain kolam ada juga Pura Manikan, Gapura di pintu masuk, Gapura II Candi Bentar, dan Gapura III. Ada juga Bale Kapal di barat atas, Bale Lunjuk, Bale Warak, dan Bale Gili.

Pada beberapa struktur taman juga dikenal memiliki kekuatan magis yang dulunya dipakai untuk mengeksekusi narapidana.

 

 

29 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *