Pura Tirta Kamandalu

Pura Tirta Kamandalu

Pura Tirta Kamandalu berada pada kawasan hutan yang masih sangat lestari dan terletak pada pinggiran jurang dengan jarak tempuh 600 m dari Pura Pasar Agung (jalur tengah) Banjar Dinas Batugunung, Desa Bukit, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem.

Dalam areal pura ini keberadaan pelinggih terpisah dengan keberadaan mata air yang dijadikan tirta. Letak mata air berada sekitar 50 meter sebelah barat areal pura .Tuhan yang distanakan dalam pura ini adalahsebagai berikut.

(1). Sanggar Agung sebagai stana penghayatan pada Bhatara yang berstana di Pura Luhur Lempuyang.

(2). Padma Sari sebagai Stana Ida Ayu Mas Manik Maketel

(3). Pelinggih Pengapit Lawang Kiwa sebagai stana Bhatara Hyang Kala

(4). Pelinggih pengapit lawang tengen sebagai stana Bhatara Nandhi Swara.

(5) Pelinggih padma capah linggih tirta

Di sisi samping pura ini tumbuh pohon cempaka emping, bunganya kecil-kecil berwarna putih, pohonnya besar dan umurnya sudah lebih dari satu abad, sayang pohon cempaka yang dimaksud sat ini sudah tidak ada, karena sudah mati dimakan usia.Konon tirtha Kamandhalu adalah ciptaan Bhatara Brahma yang mempunyai khasiat untuk membangkitkan tenaga kreatif dan dapat pula menciptakan hal-hal gaib, hal-hal yang belum nyata , bisa terwujud menjadi nyata.

Hal ini tentunya tidak semata-mata karena mukjizat tirthanya saja, yang paling utama adalah menyelaraskan antara kesusian buana alit dan buana agung. Ibaratkan sumber air dan selangnya, kalau sumber air adalah ciptaan Tuhan dan selangnya adalah manusia itu sendiri. Sejernih apapun sumber airnya tetapi kalau selangnya kotor akan mengakibatkan air yang mengalir keluar pasti kotor.

Kemurnian sejati hati dan prilaku manusia dapat ditingkatkan terus. Dengan cara menerapkan konsep prilaku Trikaya Parisudha, agar yang dipikirkan yang dikatakan dan yang dilaksanakan selalu hal-hal yang baik, akan dapat membuahkan kebajikan dan keharmonisan pikiran.

Tidak ada lagi pertentangan antara pikiran dengan suara hati, karena suara hati sesungguhnya merupakan sinyal-sinyal kebajikan yang ada dalam diri setiap manusia.Tirtha Kamandhalu disebut Teja-mretha dalam lontar Sulayang Geni.

 

9 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *